Jumat, 16 November 2012

Apa pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi?

Sebenarnya, antara satu asuransi dengan asuransi lain, biaya asuransinya hampir sama untuk produk proteksi yang sama. Kalaupun ada selisihnya, hanyalah sedikit. Jadi, dalam memilih asuransi, yang lebih penting dipertimbangkan adalah kredibilitas perusahaan asuransi dan agennya.
Dalam asuransi, salah satu tanda kredibilitas perusahaan adalah RBC-nya (risk based capital). RBC adalah modal perusahaan yang dicadangkan untuk mengatasi risiko/krisis. Di Indonesia, RBC yang distandarkan adalah sebesar 120%. Jadi, Anda mesti memilih perusahaan asuransi yang RBC-nya di atas 120%.
Hal kedua yang penting untuk Anda perhatikan adalah kredibilitas agen. Agen asuransi yang baik, tidak hanya dapat dipercaya untuk menyetorkan uang Anda (bila Anda memilih menyetorkan premi melalui agen), melainkan juga harus dapat dipercaya untuk terus melayani Anda selama polis Anda berlaku. Seorang agen tidak selesai tugasnya ketika polis asuransi Anda jadi, melainkan baru memulai tugasnya ketika polis asuransi Anda jadi. Dengan demikian, ia harus mempunyai kemauan, kesediaan untuk membantu Anda di waktu selanjutnya berkenaan dengan kepentingan pengurusan klaim.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar