Jumat, 16 November 2012

Commonwealth Life


Commonwealth Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang memberikan layanan berupa perlindungan finansial keluarga, dana pendidikan anak, dan dana kesehatan perawatan rumah sakit. Dengan RBC (Risk Based Capital) sebesar 676% atau sekitar 5 kali lebih besar daripada standard pemerintah, Commonwealth Life menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa layanan asuransi yang terpercaya di Indonesia.
Commonwealth Life berada di bawah pengelolaan Commonwealth Bank of Australia, yaitu perusahaan penyedia jasa keuangan terkemuka yang menguasai industri perbankan dan asuransi di Australia. CBA bahkan saat ini sedang dinominasikan sebagai salah satu Top 50 Bank Teraman di Dunia oleh Global Finance Magazine (Wall Street Journal).
Di Indonesia, Commonwealth Life membuktikan kredibilitasnya dengan meraih penghargaan sebagai perusahaan asuransi jiwa terbaik. Berikut ini adalah penghargaan yang diterima Commonwealth Life selama 3 tahun terakhir sebagai perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia:
  • Penghargaan dari majalah Business Review sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Swasta Terbaik 2012 beraset Rp 1-5 triliun.
  • Penghargaan dari majalah Media Asuransi sebagai "Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik 2011 untuk kategori ekuitas Rp 250 miliar - Rp 750 miliar. 
  • Penghargaan dari Majalah Investor sebagai "Perusahaan Asuransi Terbaik 2011 untuk kategori asset Rp 2,5 triliun - Rp 5 triliun.
  • Penghargaan dari Investor Award 2010 sebagai "Perusahaan Asuransi Terbaik 2010 untuk kategori aset Rp 2,5 triliun - Rp 5 triliun.
Commonwealth Life selalu mengedepankan pelayanan yang memuaskan untuk para nasabahnya. Selama 3 tahun berturut-turut (2010, 2011, 2012), Commonwealth Life juga meraih penghargaan "The Best Service Excellence" dari Call Center Award.

Sekilas mengenai Commonwealth Life
Commonwealth Life mulai melayani nasabah di Indonesia sejak tahun 1992. Ketika itu menggunakan nama Astra Jardine yang kemudian berubah nama menjadi Astra CMG Life. Pada Juli tahun 2007, nama PT Commonwealth Life baru diperkenalkan, yaitu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor W7-07188 HT.01.04-TH 2007 tentang Persetujuan Akta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Tebatas. 


Saat ini saham terbesar Commonwealth Life dimiliki oleh Commonwealth Bank of Australia (CBA) Group, yaitu sebesar 80%, sedangkan 20% saham lainnya dimiliki oleh PT Gala Arta Jaya. 
CBA adalah salah satu perusahaan penyedia jasa keunganan terkemuka yang menguasai industri perbankan dan asuransi di Australia. Dua perusahaan asuransi jiwa miliki CBA yang berdiri lebih awal adalah CommInsure di Australia dan Sovereign di New Zealand. Keduanya merupakan perusahaan asuransi jiwa terbaik di masing-masing negara. 
Di Indonesia, seiring dengan visi dan misinya untuk selalu menjadi perusahaan yang terbaik, Commonwealth Life terus mengembangkan produk dan layanannya yang tersebar di 19 kota besar, dengan didukung oleh lebih dari 7500 sales force yang melayani nasabah individu dan grup. 
Produk asuransi yang ditawarkan Commonwealth Life :

  • Investra Link (yaitu produk asuransi unit link yang memberikan manfaat proteksi sekaligus simpanan/investasi, dengan manfaat tambahan asuransi kecelakaan, jaminan rawat inap, dan pengobatan penyakit kritis).
  • Asuransi jiwa tradisional, yaitu Danatra Sejahtera dan Danatra Cendekia
  • COMM Protection, yaitu perlindungan terhadap tabungan dan kredit 


Pengalaman pribadi bersama Commonwealth Life

Saya yang sudah punya pengalaman berasuransi di dua perusahaan lain selain Commonwealth Life, merasakan sendiri kelebihan Commonwealth Life begitu saya memiliki polis Commonwealth Life. Kelebihan yang saya rasakan adalah bahwa Commonwealth lebih terbuka dan transparan kepada nasabahnya. Alasannya adalah sebagai berikut :
Pertama, ketika Commonwealth Life mengirimkan polis saya, perusahaan memberikan sebuah kertas yang berisi pertanyaan apakah saya menyetujui perjanjian yang tertulis dalam buku polis, dan saya diminta memberikan jawaban dalam kurun waktu 14 hari. Bagi saya, ini sungguh memberikan kesan adil kepada nasabah. Saya diberi kesempatan untuk mempelajari isi polis, dan saya mempunyai kesempatan untuk membatalkan polis tersebut (dalam kasus ini, bila saya tidak setuju, saya akan menerima kembali premi pertama yang sudah saya bayarkan dengan hanya dipotong biaya pembuatan buku polis).
Kedua, Commonwealth Life lebih rutin memberikan informasi mengenai perkembangan dana investasi saya. Buletin yang dikeluarkan Commonwealth Life untuk nasabahnya adalah buletin triwulan. Dalam buletin itu, saya bisa mengetahui pergerakan harga unit dana saya

Di samping itu, saya juga kagum pada perusahaan Commonwealth Life, karena pada saat saya menyetorkan premi pertama, saya langsung mendapat jaminan uang meninggal dunia sebesar 150 juta apabila terjadi meninggal dunia pada saat polis belum jadi. Jadi, begitu kita ajukan proposal asuransi dan membayar premi pertamanya, kita sudah mendapat proteksi dari perusahaan. 


Kekaguman saya atas kelebihan asuransi Commonwealth Life inilah yang kemudian memotivasi saya menjadi salah satu agen Commonwealth Life. Produk asuransi unit link yang paling menarik bagi saya dan sering saya tawarkan kepada teman-teman adalah asuransi jiwa untuk suami yang menyertakan istri dan anak-anak dalam jaminan perawatan rumah sakit. Dengan premi yang tidak terlalu besar (bisa Rp 600.000,00 saja), suami sebagai pencari nafkah utama keluarga tidak hanya mempunyai jaminan warisan meninggal dunia, namun seisi keluarga sekaligus bisa mendapatkan jaminan perawatan rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar