Jumat, 16 November 2012

Salam Kenal


Selamat datang di blog “Asuransi Kebutuhanku.” Sesuai dengan namanya, blog ini membawa misi menyajikan informasi seputar asuransi kepada Anda yang ingin mengenal lebih dekat tentang asuransi. Saya sengaja menggunakan bahasa kaum awam dalam blog ini, karena saya sendiri mempunyai pengalaman pernah merasa asing dan sulit memahami istilah-istilah asuransi pada awalnya dulu. Sekalipun sekarang ini saya sudah menjadi salah satu agen asuransi, saya tidak ingin Anda berpikir bahwa diri saya sudah tahu segalanya tentang asuransi. Apa yang saya tulis dalam blog ini hanyalah berupa pengetahuan sederhana yang perlu untuk diketahui masyarakat umum perihal asuransi.

Sekarang saya akan menceritakan dulu pengalaman saya sehubungan dengan asuransi. Saya pertama kali mengetahui tentang asuransi dari ayah dan ibu saya. Pada tahun 2007, ibu saya menyarankan saya untuk mulai ikut asuransi, karena saat itu saya sudah mulai mendapat penghasilan sendiri dari pekerjaan saya sebagai staf di sebuah sekolah. Ibu saya menyarankan bahwa sebaiknya saya mulai ikut asuransi sejak muda, agar uang gaji saya tidak habis untuk keperluan-keperluan yang tidak penting. Dia mengatakan bahwa dengan ikut asuransi, kita akan dipaksa menabung, dan dengan demikian, menjadi disiplin menabung. Ibu saya sendiri telah merasakan manfaat asuransi, karena ayah saya telah ikut asuransi sejak masa mudanya. Ayah saya bahkan ikut beberapa macam asuransi, asuransi jiwa maupun asuransi jiwa khusus jaminan kematian karena kecelakaan, dari beberapa perusahaan asuransi. Ayah saya adalah seorang karyawan. Tugasnya sebagai salesman, membuat ayah saya selalu bepergian dari satu kota ke kota lain. Saya yakin itu sebabnya ayah saya ikut asuransi, karena menyadari bahwa ia punya risiko keselamatan cukup tinggi. Setelah dewasa dan mengetahui bagaimana ayah saya punya banyak polis asuransi, tentu saja saya sangat bersyukur, mengingat bahwa ayah saya adalah seorang kepala keluarga yang sangat bertanggung jawab terhadap keluarga. Ibu saya memang merupakan ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah mengurus tiga orang anaknya yang putri semua, jadi dengan kata lain, tidak punya penghasilan tetap.

Menuruti saran ibu saya, saya pun ikut berasuransi. Saya belum paham benar tentang asuransi, jadi saya hanya tahu bahwa saya harus melakukan pembayaran rutin setiap tahunnya. Asuransi yang saya ikuti adalah asuransi jiwa dengan nilai tunai pasti/tetap (bukan jenis unit link), dengan jatuh tempo pada tahun ke-25. 
Pada tahun 2009, ketika saya sudah mempunyai anak, saya ikut asuransi lagi dengan tujuan untuk mengumpulkan dana pendidikan untuk anak saya. Kebetulan ada seorang agen yang menawari asuransi jenis asuransi pendidikan untuk anak. Saya mengambil asuransi dengan manfaat tambahan jaminan perawatan rumah sakit.
Pada tahun 2011, saya tidak menyangka ayah saya terjun menjadi agen asuransi di perusahaan asuransi Commonwealth Life. Saat itu ayah saya memang baru saja pensiun dari perusahaan tempat nya mengabdi selama 30 tahun. Dari sini lah saya belajar lebih banyak tentang dunia asuransi. Saya baru mengetahui bahwa ternyata asuransi bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Berbagai manfaat tambahan bisa ditambahkan, antara lain jaminan kematian karena kecelakaan, jaminan apabila pembayar meninggal dunia, jaminan pengobatan penyakit kritis, dan sebagainya. Begitu pula besar premi serta alokasi premi tersebut. Saya juga jadi tahu bahwa membuat ilustrasi asuransi itu sangat mudah, karena menggunakan program komputer, sehingga semestinya pihak nasabah bisa dibuatkan sedemikian rupa ilustrasi hingga pas sesuai dengan keinginannya.
Beranjak dari situ lah, saya mempunyai keinginan untuk ikut menjadi agen asuransi. Saya ingin membuatkan ilustrasi asuransi untuk orang-orang sesuai dengan keinginan dan harapan mereka. Saya berniat menjelaskan dengan lebih detail tentang beragam manfaat yang bisa dipilih, agar nasabah benar-benar puas dengan asuransi yang mereka ikuti. Dan sekarang, saya juga menulis blog ini, dengan pemahaman saya yang masih terbatas, karena saya ingin Anda lebih paham tentang asuransi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar